Mengenal Oracle GoldenGate

27 Mar

Oracle GoldenGate adalah software yang digunakan untuk melakukan integrasi data secara real-time, yang dapat digunakan memindahkan data [moves transactional data] antar database server [tidak harus oracle – oracle], beda hardware dan operating system.
Secara umum cara kerja Oracle GoldenGate melakukan : captures => routes => transforms => delivers data secara real time.

Umumnya Oracle GoldenGate dapat digunakan untuk :
1. HIGH AVAILABILITY
2. ZERO DOWNTIME UPGRADES AND MIGRATIONS
3. LIVE REPORTING
4. OPERATIONAL BI

1. Oracle Golden Gate

2. install-oracle-goldengate 1

3. install-oracle-goldengate 2

4. install-oracle-goldengate 3

13 Responses to “Mengenal Oracle GoldenGate”

  1. ida November 2, 2010 at 8:23 am #

    mau bertanya, pak. saya mendapatkan beberapa file mengenai Goldengate yang sepertinya menuliskan bahwa bisa melakukan replikasi dari MySQL ke Oracle menggunakan GoldenGate. Tapi ada beberapa file yang tidak menuliskan MySQL sebagai source database. Saya sudah search mengenai bagaimana replikasi dari MySQL ke Oracle menggunakan GoldenGate, namun belum menemukan.
    Yang mau saya tanyakan, apakah benar Oracle GoldenGate menyediakan fasilitas replikasi dari MySQL ke Oracle dan apakah Bapak mengetahui dimana saya bisa mendapatkan tutorial untuk replikasi MySQL ke Oracle menggunakan GoldenGate?

    Terima kasih…🙂

    • setijoagus November 3, 2010 at 2:15 am #

      apakah benar Oracle GoldenGate menyediakan fasilitas replikasi dari MySQL ke Oracle : tidak disediakan, dari document goldengate disebutkan kalau Mysql hanya sebagai target database, bukan sourcenya.

      • setijo agus December 29, 2010 at 8:47 am #

        ini ada informasi tambahan ternyata sekarang sudah bisa, khususnya untuk goldengate yang versi 11g Release 1 (11.1.1)

        salam

  2. rony January 7, 2011 at 4:26 am #

    lagi nyari2 artikel soal golden gate. Ketemunya pak setijo lagi hahahha…
    salut deh ama bos ini fokus banget di oracle..
    pengen sebenernya pak fokus gini tapi susah kalo buat saya, soalnya kerjaan gado-gado hehehee..
    salam ya pak buat temen-temen di surabaya

    • setijoagus January 7, 2011 at 4:29 am #

      iso ae…. Mas Rony iki………….
      sukses selalu ya, sekarang posisi dimana ?

      • rony January 7, 2011 at 11:10 am #

        ammiin…
        sukses juga buat pak setijo.
        saya di jakarta sekarang bos…

  3. rony January 9, 2011 at 5:22 pm #

    pak, boleh nanya ya pak.. belum sempet nyoba soalnya baru tahap baca-baca.
    Kalau fungsi golden gate (GG) untuk integrasi data (saya quote dari artikel diatas) terus apa bedanya pak dengan oracle transparent gateway (OTG).
    Karena OTG juga mampu melakukan komunikasi antar database. Asumsi saya salah pa bener pak?
    Kalau bener.. plusnya GG dibandingkan OTG apa ya pak?
    thanks before ya boss…

    • setijoagus January 10, 2011 at 1:41 am #

      plusnya :
      1. antar database server [tidak harus oracle – oracle], beda hardware dan operating system (saya juga quote dari artikel diatas)
      2. pintarnya sales jualan, wkk wkk……………..

      • rony January 10, 2011 at 4:57 am #

        brati sama aja dong pak… OTG kan juga cross platform.. ok deh pak i got the points..
        hehehe… tapi saya suka yang nomer 2.. oracle banget hehehehe…
        thanks pak advicenya…

  4. Ikhsan Riyadi February 16, 2011 at 4:11 pm #

    Pak,

    Saya mau tanya bisa ga kalo saya replikasi database oracle yang running di mesin HP dengan OS HP-UX ke mesin IBM dengan OS AIX??

    Mohon pencerahannya

    Thanks,
    Ikhsan

    • setijoagus February 17, 2011 at 12:52 am #

      bisa
      yang pernah saya lakukan oracle di linux dengan oracle di windows
      sedang UX & AIX nggak pernah coba sebab nggak punya.
      seandainya ada yang memberi kesempatan untuk coba saya mau.

  5. azka February 18, 2011 at 6:22 pm #

    Salam kenal pak.

    setelah saya membaca artikel diatas bisakah bpk share sedikit ilmunya kpd saya,karena saya ingin mempelajarinya,kedepannya ada rencana untuk migrasi dri as400 ke oracle…mohon dikasih panduan dri setup awal sampai bisa terkoneksi dengan as400.

    trims

    azka

    • setijoagus February 19, 2011 at 12:56 am #

      saya sendiri belum pernah main dengan as400 pak jadinya kl ditanya setup dari awal bisa terkoneksi dengan as400, saya nggak pny pengalaman.
      seandainya anda ada di surabaya, mungkin saya bisa bantu explore

      salam

Leave a Reply

