Kabel UTP dengan 4 kabel

10 Aug

Beberapa hari yang lalu, ada seseorang yang minta bantuan / saran, pemasangan kabel jaringan (LAN) dan telepon jadi satu kabel UTP Cat 5, awalnya shock juga, karena nggak pernah alami hal itu.
Lebih hebatnya lagi teknisi / tukang bangunannya sudah menarik kabel dari kamar – kamar yang ada di lantai 2 ke ruang PABX dan dengan sesuka hatinya membagi kabel menurut seleranya (nggak pakai standard EIA/TIA).
Dengan menambah kabel lagi sudah nggak mungkin lagi, karena bangunan sudah dalam tahap finisihing.

Karena ingin tahu (dari pada nggak bisa tidur……..), saya mencoba melakukan test kecil – kecilan
1. dengan menggunakan kabel UTP Cat 5 dengan panjang 2 meter dimana saya susun ngawur, kemudian karena saya tahu bahwa kabel yang digunakan Pin nomor 1-2-3-6, kemudian sedemikian rupa saya putus kabel untuk pin nomor 4-5-7-8.
hasilnya :
a. saya test dengan menggunakan LAN TESTER (alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel)  : ok
b. saya test ping (saya sambungkan dengan switch hub, yang salah satu portnya juga terhubung dengan komputer lain) : ok

2. dengan menggunakan kabel UTP Cat 5 dengan panjang 20 meter dimana saya susun ngawur, kemudian karena saya tahu bahwa kabel yang digunakan Pin nomor 1-2-3-6, kemudian sedemikian rupa saya putus kabel untuk pin nomor 4-5-7-8.
hasilnya :
a. saya test dengan menggunakan LAN TESTER (alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel)  : ok
b. saya test ping (saya sambungkan dengan switch hub, yang salah satu portnya juga terhubung dengan komputer lain) : hasil request time out, atau gatot (gagal total)

3. dengan menggunakan kabel UTP Cat 5 dengan panjang 20 meter dimana saya susun sesuai standard EIA/TIA, kemudian karena saya tahu bahwa kabel yang digunakan Pin nomor 1-2-3-6, kemudian sedemikian rupa saya putus kabel untuk pin nomor 4-5-7-8.
hasilnya :
a. saya test dengan menggunakan LAN TESTER (alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel)  : ok
b. saya test ping (saya sambungkan dengan switch hub, yang salah satu portnya juga terhubung dengan komputer lain) : hasil reply


dengan 3 percobaan diatas, langsung ke TKP, setelah di-crimping dengan cara no 3 hasil OK
tapi saran saya, kalau nggak terpaksa jangan menggunakan trik ini, karena standard EIA/TIA yang sudah dibuat pasti punya maksud – maksud tertentu.

UTP             = Unshielded Twisted Pair
UNSHIELDED         = kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik.
TWISTED PAIR     = di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral / saling berlilitan

Susunan Stright [2 UJUNG SAMA]
1> Orange-putih
2> Orange
3> Hijau-putih
4> Biru
5> Biru-putih
6> Hijau
7> Coklat-putih
8> Coklat
Susunan CROSS [2 UJUNG TIDAK SAMA]
Ujung satu
1> Hijau-putih
2> Hijau
3> Orang-putih
4> Biru
5> Biru-putih
6> Orange
7> Coklat-putih
8> Coklat
Sedangkan ujung satunya lagi
1> Orange-putih
2> Orange
3> Hijau-putih
4> Biru
5> Biru-putih
6> Hijau
7> Coklat-putih
8> Coklat

6 Responses to “Kabel UTP dengan 4 kabel”

  1. denny August 11, 2010 at 2:17 am #

    memang benar bisa pak , jika lan menggunakan hanya 4 pin , tetapi jika ada perangkat yg mengunakan POE , power over ethernet , ini pasti tidak bisa mendapat power nya.
    maaf bila comment nya salah..:)

  2. dewo August 12, 2010 at 5:03 am #

    Warm Greeting from theJungLe
    salam kenal buat semua
    benar pak, saya selama ini juga cuma gunain 4 kabel aja untuk sambungan LAN jadi Cat5 bisa saya pake untuk 2komputer masing masing menggunakan 4kabel dan selama ini gada masalah dengan speed

  3. dewo August 12, 2010 at 5:20 am #

    nambahin
    untuk jelasnya boleh nyontek disini pi max 100meter
    http://www.zytrax.com/tech/layer_1/cables/tech_lan.htm

  4. setijoagus August 12, 2010 at 5:51 am #

    thx atas tambahan informasi yang berguna ini

  5. omndut October 12, 2011 at 9:21 am #

    Pak saya mau nanya, saya mau menconnectkan internet.
    Kabel UTP dan RJ45 sudah terpasang dengan urutan kabel benar, dites menggunakan kabel tester OK. tapi ketika dicolokin ke HUB tdk ada respon alias blank, terminal HUB saya coba pake kabel yg lain tdk ada masalah. Kekeliruan saya dimana ya pak ? mohon jawaban.

    • setijoagus October 12, 2011 at 9:25 am #

      biar jelas ini
      1. kabel digunakan untuk menghubungkan apa ?
      komputer – HUB
      HUB – HUB

      2. sudah dicoba ganti port yang lain ?

Leave a Reply

