Faktor “Becak”

3 Dec

Beberapa tahun yang lalu, seperti hari – hari sebelumnya setiap pagi ketika anak kedua saya masih TK, saya antar ke sekolah naik sepeda motor kesayangan.
Dan seperti sebelum – sebelumnya saya selalu taat ber-lalu lintas, kalau pas “bang jo”, merah saya berhenti, sebaliknya pas hijau saya jalan.
Dan karena sudah “pengalaman” belasan tahun sejak 25-35 tahun yang lalu bersepeda motor, saya akan sebisa mungkin tidak di belakang Mikrolet atau Taxi, agar terhindar dari berhenti mendadak.

Pokoknya seperti pengendara sepeda motor yang berpengalaman, saya selalu berusaha mengantisipasi segala kemungkinan yang timbul. Termasuk dari sesama pengendara sepeda motor yang semakin hari tambah banyak kayak “RAYAP”.

Tetapi terjadilah peristiwa kecelakaan yang sampai hari ini nggak pernah saya lupakan, dimana tiba – tiba becak dari kiri nyelonong memotong jalur sepeda motor yang saya kendarai, persis kayak adegan film action “ndlosor…” sampai 5-7 meter terseret.
Setelah “eyel-eyelan” sama pak becak dibantu beberapa saksi mata serta yang tiba – tiba polisi lalu lintas yang tiba – tiba muncul, perkara duel sepeda motor vs becak bisa selesai dengan damai.

Pasti banyak yang menduga
saya harus bayar berapa ke polisi ?
saya harus bayar ganti rugi berapa ke pak becak ?

Semuanya saya bayar dengan gratis dan ucapan “terima kasih” baik ke pak polisi yang “berhati mulia”, serta pak becak yang pagi itu membuat “tatto sementara” di tangan dan kaki saya dan sedikit di kaki anak saya.

Kalau kita renungkan kadang kala semua faktor – faktor kehidupan sudah diusahakan untuk diantisipasi, diperhitungkan bahkan diramalkan, tetapi ada saja faktor “Becak” yang tiba – tiba memotong jalur kehidupan kita.
Pengalaman “belasan tahun” di kehidupan tidak selalu menjadi jaminan untuk terhindar faktor “Becak”.

Jadi sudah siapkah kita menghadapi Faktor “Becak” yang nyelonong di kehidupan kita ?

Leave a Reply

